Siapa orang Mamasa pertama yang masuk Kristen?


Dia adalah seorang anak Kepala Distrik dan Kepala Adat Tawalian, namanya Pdt.Sem Bombong.

Dia secara sadar dan terpanggil, dan memberikan contoh kepada masyarakat lain sekaligus sebagai perintis masuk Kristen.
Sebelum Sem Bombong sebenarnya sudah banyak masyarakat Mamasa yang sudah dibaptis. Tapi mereka belum sungguh-sungguh Kristen, karena mereka masuk kristen pada mulanya belum berdasarkan kesadaran. Mereka ikut dibaptis secara massal karena beranggapan bahwa itu adalah kehendak pemerintah belaka dan bukan berdasarkan panggilan Iman Kristen.

Pdt.Sem Bombong juga merupakan orang Mamasa pertama yang jadi pendeta. Ia dididik pada STOVIL di Kupang (Timor) selama 7 Tahun (1920-1927). setelah kembalai ke Mamasa ia diangkat menjadi guru, kemudian menjadi guru injil dan pada waktu perang diangkat sebagai pendeta.

Sumber : buletin Tunggal GTM 1986        


Komentar

  1. konon, orang Mamasa yang pertama kali naik mobil dari Mamasa ke polewali adalah seorang tukang kayu bernama Ambe' Tamben,(biasa dipanggil Ambe' Amba' orang Tawalian). Dikisahkan, Ambe'Tamben sejak remaja kerja sebagai tukang pada orang Belanda, karena terpilih, lewat kompetisi yang dibuat Belanda yaitu membuat peti, dan cara mengetesnya adalah peti itu dimasukkan air kalau peti tadi tembus air berarti gagal, karena kurang lurus atau kurang "siku" dan itu tidak pakai lem. Karena terpilih, sejak saat itu Ambe' Tamben yang kala itu masih remaja, mulai setiap hari kerja dirumah orang benda sebagai Tukang, satu kali ketika dia sedang kerja, tiba-tiba dia di gigit anjing gila, ( asu tattasan) "Tuannya" panik, dan kebetulan RS Banua Mamase belum menyediakan suntukan rabies, mungkin karena Belanda sayang sama tukangnya dan tidak mau kehilangan, maka segera, dia membawa Ambe'Tamben ke Polewali,menggunakan mobil Belanda, untuk mendapatkan perawatan.

    BalasHapus
  2. hehehe..
    mantap Pak...

    salam kenal

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer